Samsung Galaxy S7 - Simple Water Resistant Work?

Ada satu buah pertanyaan menarik dalam komentar di Video saya tentang Masalah Besar/Big Problem - Samsung Galaxy S7 Edge IP68. Pertanyaan ini datang dari "Raymond Charles" seperti pada screenshot disebelah kanan.


nahhh pertanyaannya di slot charger kan gak ada penutup bro itu kan celah masuk ya org ngechargenya dr situ, kalo S5 dulu dikasih penutup karet untuk mencegah celah, kalo gak salah denger waktu launching dulu ceo nya bilang mrk udah gak menutup celah dr luar tp justru dari dalam mesin makanya slot charger gak perlu mrk tutup lagi, mending bawa ke samsung tes cemplungin di air depan mereka biar jelas bro

Akan dicoba untuk dijawab; dengan jawaban orang awam tentang teknis per-ponsel-an. Ada banyak metode supaya air tidak dapat masuk kedalam sebuah ponsel sehingga aman dan bisa mendapatkan Sertifikasi IP68. Dan yang paling banyak digunakan adalah dengan metode pemasangan karet/lem pada lubang-lubang rawan air (metode sedikit lebih modern) dibandingkan memasukkan ponsel kedalam pastik kresek yang tidak bocor. Jawaban bagaimana  Samsung Galaxy S7 maupun S7 Edge bisa kedap air sebenarnya sudah tersedia di internet dan memang karena site tersebut sepertinya tidak pernah habis dana untuk membeli posel untuk dibuka untuk mengetahui komponen didalamnya. Akan dicoba dengan cara pendekatan berbeda; Penulis tidak tahu apakah sudah ada yang menggunakan metode ini? Induction Relay // Induction Charging (Ini mungkin yang dimaksudkan dengan wireless charging - jika memang benar sangat kurang elegant; tidak akan dibahas karena mirip)  

Ide Induction Relay 
Gambar disamping kanan dianalogikan sebuah ponsel dengan Sertifikasi IP68 (Tahan Debu & Air). Dianalogikan ada dua area didalam ponsel tersebut yakni :
Non Water-Resistant Area 
Pada area ini, air atau cairan tidak berbahaya pada logam atau plastic (tergantung body) diijinkan masuk dengan terkanan tertentu.
Water-Resistant Area
Pada area ini air sama sekali tidak diijinkan masuk karena komponen elektronik utama terdapat pada bagian ini. (Area ini mungkin bisa dihilangkan ketika proteksi terhadap PCB atau Printed Circuit Board dan komponen yang terpasang semua oleh lindungi lem; sepertinya susah).

Bagaimana prinsip kerja ide ini? Ada dua kumparan atas dan yang bawah (gambar disamping ada banyak kekurangan karena ketika menulis tentang artikel ini baru teringat yang lain). Pada saat melakukan charging : kumparan yang bawah berfungsi untuk melakukan trigger ketika charging port ketika dialiri arus listrik, kumparan akan menjadi magnet sementara dan akan menginduksi kumparan atasnya. Akibat induksi magnetik dari kumparan bawah maka kumparan atas akan memiliki aliran listrik untuk men-trigger relay (saklar pengaman) supaya membuka jalur listrik dari charging port sehingga aliran listrik akan mengalir. Pada saat tidak melakukan charging : Pada saat arus listrik (charger) dilepas maka sifat magnet sementara pada kumparan bawah akan terputus; induksi listrik juga akan terputus dan arus listrik tidak ada pada kumparan atas sehingga relay (saklar pengaman) menjadi mati. 

Ide diatas merupakan prinsip sangat sederhana tapi belum diketahui apakah suda ada yang menggunakan ide ini. Dan yang perlu diingat bahwa adanya magenet kemungkinan akan memberi gangguan pada komponen lain.



Kembali ke persoalan Samsung Galaxy S7 / S7 Edge, bagaimana dengan kondisi yang sebenarnya untuk proteksi IP68? Salah satu informasi yang didapat lewat website AndroidAutority.Com dan ber-video adalah proteksi yang digunakan pada device S7/ S7Edge menggunakan metode GLUE/LEM, pemasangan karet, dan untuk speaker menggunakan sekat yang tetap dapat menyalurkan gelombang suara namun tetap resistant terhadap air pada tekanan tertentu (AndroidAuthority.Com). Silahkan simak video  Om JerryRigEverything ini. 

What makes the Galaxy S7 Waterproof? - Ultimate Test


Bagian atas pada menit ke 0:25 ada sensor ketika air masuk kedalam device melalui sim tray card yang bocor maka sensor yang seperti kertas tersebut berubah warna menjadi "Pink", dan begitu pula bagian bawah mulai pada menit 0:45 menunjukan bahwa sensor terletak pada bagian dekat dengan port charger & speaker. 

Kemudian apa yang menjadi masalah saya? Ada titik dimana ada celah terbuka di tempat yang seharusnya tidak direncanakan yaitu pada bezel (metal-frame) dengan edge-glass. Titik yang direncanakan adalah charger, sim-card-tray, power/volume button, dan speaker. Kemudian apa yang menjadi proteksi? Banyak orang menganggap bahwa LEM-lah yang menjadi proteksi  dan memang bisa dibilang benar namun menurut itu konyol sekali. 

Pesan:
Samsung Galaxy S7 /S7 Edge memang IP68 tetapi ada kondisi proteksi pada ponsel ini terlalu simple sehingga jangan-lah terlalu sering diajak mandi dan yang pasti ada indikator ketika air masuk dan kemungkinan besar ketika indikator ini berubah warna maka void warranty. 
Itu saja.. jika ada komentar, saran atau tambahan ide silahkan berbagi.

Terima Kasih
   





Posting Komentar

0 Komentar