Xiaomi Xiaoyi Downgrade Firmware

Xiaomi Xiaoyi Smart Camera
"This Camera Can Only Be Used Within China",  Bermain dengan Xiaomi Xiaoyi versi awal (720p) dengan model China, ada resiko ketika firmware tidak sengaja terupgrade ke versi akhir atau ketika membeli langsung mendapat firmware akhir yakni Xiaomi Xiaoyi tidak dapat digunakan lagi.   Bagaimana ketika kondisi ini terjadi? Tidak perlu kawatir karena ada langkah mudah yang harus dilakukan untuk melakukan downgrade ke versi yang lebih lama. Ada banyak versi firmware Xiaomi Xiaoyi 720p yang lama; namun ada satu versi yang menarik untuk digunakan karena masih menawarkan "Bahasa Inggris" yang lebih gampang dimengerti dibandingikan Bahasa China. Disini firmware yang digunakan memberi fungsi tambahan yakni device ini dapat diaktifkan menjadi RTSP (Real Time Streaming Protocol) sehingga dapat digunakan sebagai enterprise IP Camera yang dapat dihubungkan dengan NVR(Network Video Recorder).
Disini akan coba diberikan langkah-langkah melakukan downgrade (menurunkan versi) Xiaomi Xiaoyi sehingga bisa digunakan kembali dan adapun hal-hal yang diperlukan untuk proses downgrade ini adalah sebagai berikut:
  1. Xiaomi Xiayi 720p China Version - Yang akan didowngrade bisa karena kesalahan upgrade atau saat beli sudah mendapat firmware yang berbunyi "This Camera Can Only Be Used Within China"
  2. MicroSD Card - Lebih besar dari 2MB, untuk size maximum tidak ada masalah menggunakan 64GB. Belum pernah dicoba menggunakan microsd > 64GB
  3. Laptop/Ponsel - Untuk melakukan format dengan File System (ms-dos) FAT32, jangan menggunakan file system ExtFAT karena tidak akan dikenali.
  4.  Firmware Lama Xiaomi Xiaoyi - Yang akan digunakan adalah versi 1.8.6, bisa didownload disini s.id/xiaomi  kemudian pilih folder Xiaoyi-720p-CN dan download file dengan nama xiaoyi-1.8.6B-rtsp.zip atau link langsung via Goo.gl  
  5. Nah kalau masih belum punya Yi Home (Khusus China) bisa juga download di s.id/xiaomi di folder yang sama. Atau gunakan Mi Home dengan Mainland China
Dalam firmware   xiaoyi-1.8.6B-rtsp.zip ini selain firmware Xiaomi lama ada tambahan fitur yang bisa diaktifkan dan sangat menarik untuk digunakan yaitu:
  1. Fitur RTSP (Real Time Streaming Protocol) - Fungsi ini sangat menarik karena Smart Camera ini akan menjadi IP Camera yang bisa dilengkapi NVR(Network Video Recorder) sehingga hasil video disimpan ditempat terpisah. Lebih aman karena ketika Smart Camera dicuri masih ada backup rekaman dalam NVR. Untuk menggunakan fitur ini yang perlu diketahui adalah alamat RTSP URL, dan ada dua mode untuk RTSP url yakni HD & SD, berikut alamat dari RTSP URL:
HD RTSP: rtsp://[IpAddress]:554/ch0_0.h264  
SD RTSP: rtsp://[IpAddress]:554/ch0_1.h264
  1. Fitur Command Line (Telnet) - Berfungi untuk melakukan perubahan konfigurasi tanpa harus melakukan "reset". Contoh ketika network berubah dari SSID Yukova.Com menjadi Krisna.Net tanpa harus melakukan reset dan install ulang. Untuk menggunakan fitur ini yang perlu diketahui adalah
    Username : root 
    Password : 1234qwer
    

    Fitur ini juga rentan di-otak-atik jika kita tidak aware terhadap keamanan.
  2. Fitur FTP (File Transfer Protocol) - Berfungsi untuk transfer file dari luar (put) atau dari dalam keluar (get). Fitur ini sangat rentan di-otak-atik karena hanya perlu username anonymous untuk masuk jika tidak aware terhadap keamanan lebih baik dinonaktifkan saja.
Telnet & FTP to Xiaomi Smart Camera


Nah langkah untuk downgrade/menurunkan versi firmware sangatlah mudah, berikut beberapa langkah yang diperlukan:
  1. Format/Kosongkan MicroSD file system harus Ms-DOS/FAT32 
  2. Extract Firmware xiaoyi-1.8.6B-rtsp.zip didalam MicroSD atau copy semua file hasil extract kedalam MicroSD,  ada 2 buah file yakni home & home.txt & sebuah folder bernama test yang didalamnya ada 3 buah file. Ingat salin semua file tersebut di ROOT MicroSD tidak didalam folder. 
  3. Matikan Xiaomi Xiaoyi (Smart Camera) kemudian pasang MicroSD yang sudah berisi firmware kemudian nyalakan
  4. LED akan warna orange blink/berkedip menandakan sedang melakukan downgrade kemudian akan menjadi solid orange/tidak berkedip, kemudian blue/biru.
  5. Ada suara "Powering on please wait" berarti downgrade sukses
Untuk lebih jelasnya simak video tutorial downgrade Xiaomi Xiaoyi (Smart Camera) pada link berikut.

Cara Downgrade Firmware Xiaomi Xiaoyi Versi China - (Indonesia)

Sekedar informasi bahwa pada saat downgrade firmware ke versi 1.8.6B tidak terjadi perubahan konfigurasi sehingga harusnya tidak perlu melakukan konfigurasi ulang (jika kejadiannya adalah terupgrade secara tidak sengaja). Jika pembelian baru, ada baiknya melakukan reset untuk memastikan konfigurasi lama terhapus.

Demikian informasi mengenai cara downgrade Xiaomi Xiaoyi, jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan pesan dibagian komentar.



Terima Kasih 

Posting Komentar

99 Komentar

  1. yu bayu.....iki wekku tak kirimno khon...oprekno please :v
    sekaligus golekn file APK gae nang smartphone e

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siyap bro monggo APK file monggo di check di http://s.id/xiaomi pilih folder Xiaoyi-720p-CN disitu ada Yi Home & Mi Home APK. Ngoprek-e gampang banget bro sikat ayo belajar dewe

      Hapus
  2. pm en aku nang fb yo...suwun pek xixixixixixixi

    BalasHapus
  3. Ok., nanti tak coba dulu di rumah..... Kalau masih nggak bisa tak kirim ke sana...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iki Duro ta? Lah gampang bro.. Nek gak didol 50ewu.. mudun wis hahaha

      Hapus
    2. Weleh iki donny ta? tak kiro kancaku sing liane

      Hapus
  4. gan punya saya tdak bsa downgrade knp Ya? sudah ikut langkah" diatas... tapi tidak ada tanda" downgrade, mohon bantuannya ( kalongdolar@gmail.com ) Nuwun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apakah masih tetap muncul "This Camera Can Only Be Used Within China". Coba reset dulu saja bro. Tekan yang dibelakang ada lubang itu sampai ada informasi "reset is successful" atau bahasa china :).
      Yg diatas sudah dicoba beberapa orang dan sukses, tanpa harus reset sih.
      Juga jangan lupa pastikan partisi hanya FAT32 bukan EXTFAT

      Hapus
  5. Hi, recently i purchase one of this Yi Ip Camera, x dapat nak downgrade, i dh ikt smua step2 yng brikut, xpi x jadi pon, i buat begini, Format Micro SD Card jdi FAT32, masukkn 3 file nama home yang 8mb home txt file lagi satu folder test direct. then sblum i on camera tu i dah format sekali dgn button belakng camera tu, so i masukan memori card tu, power on camera, lepas tu camera tu kate dalam cina, bukan Powering on please wait. masa power on first lampu tu warna biru kuning, (penukaran cepat) lepas tu warna kuning solid, lepas berkelip-kelip dalam warna kuning and cakap cina.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apakah masih dengan cakap china masih bisa digunakan?
      Format MicroSD dengan FAT32 betul namun kadang kita salah klik dan ter-format ExtFAT. Ini yang tidak akan mungkin bisa.

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. saya pun sama macam di atas dah cuba tapi still xboleh version saya china punya..ada kena setting dkt code ke..17CNY MH7K4

      Hapus
  6. Balasan
    1. Versi keluaran bagaimana cara cek-nya bro? Memang ada hardware version yang lama; tapi terus terang bingung cara bedakannya. Saya ada 5 Xiaoyi tidak ada masalah dengan downgrade cara diatas

      Hapus
  7. Bang, punya saya tidak sengaja terupgrade dari 1.8.6c ke 1.8.6q, serial yi 17cnxxxx. saya sudah coba berbagai macam cara u/ downgrade tidak berhasil. ada ide bang? thanks in advance.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Punya saya pernah saya upgrade ke Latest-Version// Saya lupa apakah 1.8.6q atau bukan tapi yang pasti latest. Dan Saya gunakan cara yang sama dan berhasil. Kemungkinan tidak berhasil biasanya karena MicroSD terformat bukan FAT32 tapi Ext Fat. Silahkan dioprek lagi bro. Thanks

      Hapus
    2. masalah saya sama juga. MicroSD sudah format pilih FAT32, ikut semua langkah yang diberi. tapi tidak berjaya. masih dalam bahasa cina. lepas connect dengan Mi Home, "this device cannot be used in China'.

      Hapus
  8. jalan dengan lancar.. mempermudah sekali menggunakan bahasa inggris..

    BalasHapus
  9. mas, punya saya 17cny saya coba downgrade tidak berhasil tidak mau mereset, ada solusi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba downgrade dengan firmware lain yah bro. Download langsung http://s.id/xiaoyi bisa dicoba firmware original maupun modified.

      Semoga bisa solved

      Hapus
  10. saya sdh ikutin cara yg mas bayu ajarin.tapi msh gagal terus,mmc udh di format fat32.kira2 salah di mana mas yah?thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bro Feri, coba ganti firmware dengan yang lain. Silahkan download http://s.id/xiaoyi ada 2 folder original maupun modified.

      Semoga solved problemnya bro

      Hapus
  11. Mas, kalau untuk iphone cara koneksinya bgmn?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk IPhone maaf bro saya tidak punya. Maklum dompet terbatas untuk ambil iphone :)

      Hapus
  12. mas, saya alamin hal serupa, tp yi dome.. piye ya mas ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah maaf mas Bagus untuk yang Yi Dome belum pernah punya mas hihi.
      Semoga harga Yi Dome jadi lebih murah lagi; lumayan bisa dioprek-oprek.

      Hapus
  13. pak KRisna, mau tanya dong, cctv minta update, sudah ter update ke firmware 1.8.6.R
    mau saya dowgrade, ke 1.8.6.B, kok kagak bisa ya, tolong minta caranya, terima kasih, Sunyoto

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pak Sunyoto,

      Mohon untuk dicoba untuk firmware yang lain. Silahkan download firmware di http://s.id/xiaoyi dan gunakan original atau modified firmware. Untuk caranya sama dengan tinggal diganti firmware berbeda saja.

      Semoga bisa solve problemnya

      Hapus
  14. Downgrade berhasil bro, pair juga berhasil, tapi pas dibuka di aplikasi yi home , connection cuma sampai 5% udah gitu gagal, ada solusi?

    BalasHapus
  15. mohon solusi ya bro, sorry comment lagi yang tadi blum set notify me

    BalasHapus
  16. Mas bayu mau tanya donk,,,saya bli cctv xiaomi international version tp kenapa tidak ada catatan waktunya yah?tidak seperti cctv xiaomi versi cina yg ada cacatan waktunya pada posisi pojok kiri atas,,,apakah ada cara untuk memunculkan catatan waktu pada cctv versi international,,,mohon pencerahannya :-)

    BalasHapus
  17. Maaf mas bayu saya udah coba semua file yang mas bayu saran kan tapi ndak ada yang terbaca ama cctv nya,ndak mau di downgrade ,apa ada cara flas lewat pc mohon ingo nya makasi

    BalasHapus
  18. hELLO, MY CAMERA DO NOT SEE MY MICROSD CARD, WHAT CAN I DO?

    BalasHapus
  19. cara supaya bisa jadi ip camera gimana bro

    BalasHapus
  20. Kalau beli xiaoyi baru biasa dapet versi 17CN ada tutorial di youtube https://www.youtube.com/watch?v=elq9fAuK2Ls&t=458s
    Sedangkan tutorial dari krisna.net untuk versi 12CN

    BalasHapus
  21. Terimakasih mas panduannya, sekarang udah bisa lagi..tp bagaimana setting RTSPnya ya mas? apakah harus dengan wifi yang sama? karena sy coba belum berhasil menggunakan RTSP melalui VLC...

    BalasHapus
  22. gan, ane kok belom bisa bisa ya?
    uda ditungguin sejam, indikator dia jalanin firmwarenya selain blinking oranje apa lagi ya? :D

    BalasHapus
  23. Gan,klau mau downgrade apakah laptop harus download sofware apa lsg ya mohon infonya tq

    BalasHapus
  24. Saya downgrade ga bisa ya padahal sdcard sudah diformat fat32 lalu hasil dari firmware zip nya disalin ke sdcard mohon infonya gan tq

    BalasHapus
  25. Saya downgrade ga bisa ya padahal sdcard sudah diformat fat32 lalu hasil dari firmware zip nya disalin ke sdcard mohon infonya gan tq

    BalasHapus
  26. it's work well, many thanks brother !!

    BalasHapus
  27. Mohon bantuannya, punya saya terus menyala lampu orange, tidak bisa di reset...thanks

    BalasHapus
  28. untuk versi 17cn mas gimana ya mas cara downgradenya

    BalasHapus
  29. gan... punya saya sudah berhasil di downgrade, tapi pas pairing status ke handphon gagal terus minta reset terus... kenapa ya gan

    BalasHapus
  30. gan, punya ane ketika dinyalain si cam lampunya nyala biru langsung berubah kuning solid tidak berkedip, lalu tiba2 mati, help bro...

    BalasHapus
  31. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  32. Thanks Gan... sukses.. cameranya kembali norma.. hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. macam you setting ia sebab saya ikut step yang dibagi tapi still tak boleh

      Hapus
  33. Gan kalo untuk Xiaoyi Dome gmn cara settingnya ? ane punya versi cina juga dan kaga bisa dipake

    BalasHapus
  34. Mlm mas, apakah mengalami hal yang sama skrg pilihannya menu hanya update atau exit app? Sy masih pake firmware 1.8.6.1B_201603181307 bagaimana cara update yg aman? Terimakasih GBU

    BalasHapus
  35. siang bro mau nanya apa bedanya mi home dan yi hom trims

    BalasHapus
  36. saya punya cctv ip 720p nggak sengaja upgrade trs mau donwgred dgn cara tsb diatas selalu gagal kenapa ya,,,, tlg dong

    BalasHapus
  37. bayu bisa tolong benerin langsung ga...cctv xiaomi saya juga begitu...kamu dijakarta bukan ya...

    BalasHapus
  38. Siang Bro, ada ulasan terkait update firmware Xiaomi Xiao Fang 1080?dan aplikasi dengan bahasa inggris

    BalasHapus
  39. Thanks mate, although i used google translate to get your instructions, it worked!!

    BalasHapus
  40. tolong dong gan yang 17CNY ini gak bisa pake firmware yang mana gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tolong dibantu, punya saya 17CNY jg, kemaren sudah bisa. Kepencet update, skr coba downgrade ga berhasil. sudah coba
      1.8.5.1B_201513211614
      1.8.5.1K_201508311131
      1.8.5.1L_201506291725
      1.8.6.1B.02
      xiaoyi-1.8.6B-rtsp

      semua gagal. semua file saya sudah copy di root. saya check filenya berubah di sd card, namun waktu flash kok terasa cepat. yg saya lakukan.

      1. reset settingan di belakang camera xiomi yi, kemudian matikan tunggu 5-10 detik
      2. copy file di sdcard, semua file taruh di root
      3. masukkan sd card, kemudian hidupkan.
      4. pada proses flash, lampu warna orange standby kemudian kedap kedip, abis itu lgs minta koneksi. lampu boru tidak muncul, saya coba semua firmware sama, orange langsung minta koneksi, tidak ada lampu biru.
      5. apk yg saya download apk https://drive.google.com/drive/u/0/folders/0B0okw2Tdb05mQ1pVOWVUaEYzZnM

      saya coba versi ini, sama sekali tidak muncul bahasa english. , sudah 2 hari coba, ga ketemu solusinya. tolong di bantu min.

      Hapus
    2. Versi xiomi yi saya berubah menjadi versi 1.8.7.0C dan tidak bisa di downgrade. help...

      Hapus
    3. saya juga bgt persis sma masalahnya ada yg bisa bantu pleasee

      Hapus
    4. saya juga bgt persis sma masalahnya ada yg bisa bantu pleasee

      Hapus
  41. Blog dengan penjelasan sangat mudah, link yang diberikan berfungsi semua terlepas skrg tiap buka app selalu diminta update. So far saya tidak mau update dulu karena sepertinya firmware di xiaoyi hanya cocok dengan apk yg ada di google drive.

    Terima kasih untuk blognya, very helpful :)

    BalasHapus
  42. bagaimana cara konek menggunakan telnet ke sana, port berapa ?

    Dan setting rtspnya bagaimana ?

    BalasHapus
  43. thanks mas, sudah bisa dipakai setelah down grade.
    masih ada lagi yg belum ok mas, waktu mau playback di playernya kok ngga bisa presisi yah, pasti malah loncat ke depan.

    BalasHapus
  44. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  45. TERIMA KASIH.. informasi dari anda sudah sangat membantu saya dalam mengaktifkan yi ant saya yg terupdate..
    semoga yang lain juga dapat ter bantu dengan adanya informasi dari anda..

    Tuhan Berkati

    BalasHapus
  46. Saya punya yg versi internasional...tapi tdk bisa pairing...apakah juga tdk sengaja terupgrade padahal awalnya bisa...thx pencerahannya

    BalasHapus
  47. akhirnya work kembali , tips buat yang blm berhasil , harus bersabar dan terus mencoba . lihat kamu kurang pada bagian mana , kalo di ikuti tutor ini dengan baik. pasti berhasil , saya sudah buktikan . makasi admin. sudah berbagi

    BalasHapus
  48. Xioayi cam saya stuck di lampu indicator oranye. Dan gak terdengar perintah suara apapun. Gimana ya pak?

    BalasHapus
  49. Kang bayu.saya bru saja beli cctv yi 12cn tpi jek bingung ki le nguripke..tolong pandu yo hehehe..

    BalasHapus
  50. bro saya baru beli CCTV Yi Dome, terus tiba tiba stack tidak bisa di reset, itu kenapa ya? cara solusinya bagaimana, di reset pun tidak ada respond

    BalasHapus
  51. Bung, makasi ya panduannya. kalau utk xiaomi dome ada ga ya firmware nya?

    BalasHapus
  52. Wah banyak yang senasib ternyata, stuck juga di indikator led orange. Ga bisa di reset

    BalasHapus
  53. Terbaik!
    Perlu ada 5 item UTAMA,
    1. Home
    2. Home.txt
    3. rtspsrl
    4. rtspsvrK
    5. rtspsvrM

    Tq

    BalasHapus
  54. mas tolong bantu dong..,kenapa ngga bisa pairing yaa mas..,padahal softwarenya udah saya copy paste ke microsd..,tapi malah muncul bahasa cina lagi..,

    BalasHapus
  55. Sdh sy downgrade.berhasil dan sukses cameranya.tapi koq ada new update (tulisan merah ) di settingan.
    Apa boleh di update bro .tkasih dan sukses slalu.

    BalasHapus
  56. Setiap micro SD yang dimasukan ke xiaoyi ketika penuh dan kemudian diformat pakai xiaoyi pasti rusak. Tidak bisa dideteksi jika dipindah ke android atau windows. Tp, saya coba format ulang pakai mifi smartfren m3y, ternyata berhasil. Microsoft SD bisa dideteksi dan diisi film lagi.

    BalasHapus
  57. Setiap micro SD yang dimasukan ke xiaoyi ketika penuh dan kemudian diformat pakai xiaoyi pasti rusak. Tidak bisa dideteksi jika dipindah ke android atau windows. Tp, saya coba format ulang pakai mifi smartfren m3y, ternyata berhasil. Microsoft SD bisa dideteksi dan diisi film lagi.

    BalasHapus
  58. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  59. Bro link ini koq nggak bisa.. https://s.id/xiaoyi

    BalasHapus
  60. sy pakai Yi Home aplikasi dan cctv versi internasional, setelah upgrade ke firmware 1.8.7.0F201809191400 kok malah macet replay video dan playbar error, yg versi lama malah lancar versi 1.8.7.0E201808021416, gimana ya cara cari firmware yg lama nya, tks

    BalasHapus
  61. Is there a way to downgrade xiaofang version from 5.4.43 to 5.4.38 ?
    Version 5.4.38 better/more stabile than new version 5.4.43

    BalasHapus
  62. GAN, GIMANA KALAU TEMPAT MEMORINYA UDAH RUSAK ???

    BalasHapus
  63. Gan, saya sudah sukses downgrade versi, namun setelah pairing dan connetc wifi, camera tsb sebut wifi connect, setelah itu cam tsb sebut " invalid QR Barcode " ? kenapa itu gan ? saya pasang di Sdcard versi 1.8.6B-rtsp.zip

    BalasHapus
  64. Kk mohon fullnyabkk tutorialnya seperti rstp dan telnet ke yinhome :')

    BalasHapus
  65. Belum bisaaaa... 😭
    Ud dcoba bbrp kali.. 😔

    BalasHapus
  66. terima kasih berguna sekaleeeee....joss

    BalasHapus
  67. pagi kak, saya juga beli camera ini 2pc, yg satu ok, tapi yg 1 lagi bermasalah seprti yg diupload ini, bisa tlong dibantu settingkan biar saya kirim barangnya, sekalian minta nomer rekeningnya ya buat kita kirim jasanya, thanks

    BalasHapus
  68. mohon bantuannya. saya sudah ikuti caranya tp diblg invalid qr code.

    BalasHapus
  69. Pak Bayu.. setiap kali saya coba download file rtsp.zip selalu di bilang ada virus nya gak bisa di download.. harus bagaiman ya?

    BalasHapus
Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)